Sunday, June 24, 2012

honda pgm-fi 125 fuel injection sepeda motorku



Sepeda motor honda memang sudah mempunyai daya tarik tersendiri semenjak saya kecil, jadi sewaktu mampu membeli sepeda motor tak lain hanyalah honda. Pada saat ini sudah puluhan varian honda di indonesia tinggal anda memilih sesuai minat dan kebutuhan anda, semuanya sudah tersedia, dari bebek, matic, sport semuanya ada.


Waktu pertama mempunyai sepeda motor, saya mempunyai sepeda motor honda grand impresa tahun 1997 sempat 2 tahun saya memilikinya, karena rem depan yang masih tromol akhirnya saya ganti membeli honda supra x 2001 yang sudah mempunyai rem cakram depan, dan lampu kristal pada lampu utama. Tapi kepuasan tak kunjung datang juga karena honda supra-x 100cc mempunyai shok breaker belakang yang sangat lembut dan kurang kuat bila untuk berboncengan, apalagi sering berboncengan yang berbadan gemuk, serasa tak mau jalan motor ini.

Akhirnya saya ganti lagi dengan honda kharisma 2003 yang mempunyai fitur yang saya cari yaitu memiliki shok breaker yang kuat, lampu kristal pada lampu depan, rem cakram depan dan memiliki cc yang besar, yaitu 125 cc. Biarpun dengan cc yang cukup besar honda kharisma ini sangat tergolong sangat irit.

Mengapa honda kharisma termasuk sepedah motor bebek yang memiliki cc besar namun irit, ini sudah saya buktikan sendiri dengan test drive touring dari mojo kediri ke museum 46 madiun hanya menghabiskan 4 liter saja pulang pergi. Itu sangat irit bagiku, itupun dengan kecepatan yang standart antara 70 km/jam.


Sempat 2 tahun mempunyai honda kharisma dan sekarang jarang sekali berboncengan ke tulungagung, dan sangat kaku honda kharisma ini bila hanya dinaiki sendirian, akhirnya saya putuskan untuk menukar tambah dengan membeli Honda pgm-fi 125 fuel injection, waktu itu tahun 2007 profit seharga Rp 15.400.000 hanya beda Rp 700.000 dengan honda GL max neotec pada waktu itu, dan selisih Rp 1.000.000 dengan Honda mega pro dengan velk jeruji.

Tapi yang saya cari bukanlah sepeda motor sport, yang saya cari adalah sepedah motor yang irit, teknologi terbaru, shok breaker yang pas dan lembut, rem cakram depan, lampu kristal yang terang itu saya dapatkan di honda pgm-fi 125 fuel injection. Berhubung dengan rutinitas yang selalu menggunakan sepeda motor maka alangkah baiknya menggunakan sepeda motor yang irit dan ekonomis.


Untuk membuktikan keiritanya saya coba test drive touring perjalanan dari mojo kediri ke klampisan kandangan kurang lebih sejauh 90 km pulang pergi. Waktu itu teman saya menggunakan sepeda motor supra x 125 karburator, dengan sama sama tangki berisi 1 liter bensin waktu berangkat dari mojo, Tapi memanglah bukti yang berbicara, waktu perjalanan pulang sepeda motor karburator sudah isi bahan bakar lagi di pompa bensin gayam, sedangkan untuk honda pgm-fi 125 fuel injection masih ngacir saja sampai mojo tanpa kehabisan bahan bakar.


Memiliki sepeda motor honda pgm-fi memang menjadi kebanggaan tersendiri karena keberanian mencoba. Mengapa saya bilang demikian, karena pada waktu itu sistem injeksi adalah hal baru di kalangan sepeda motor, dan hanya honda yang mengeluarkan sepeda motor injeksi, waktu itu belum ada review atau opini tentang honda pgm-fi fuel ijection. Jadi sekarang sudah tebukti kehandalan akan si gesit irit cuma honda pgm-fi fuel injection.


Sepeda motor honda pgm-fi 125 juga hanyalah sepeda motor buatan manusia yang tak luput dari kekurangan dan kelebihan. Honda pgm-fi 125 fuel injection tidak perlu service rutin, akan tetapi penggantian pelumas harus tetap rutin untuk melindungi spare part mesin sepeda motor, saya mengganti pelumas pada jarak tempuh 2000 km sekali dan menggunakan olie standart rekomendasi honda, Jaga selalu kebersihan busi karena ini sangat mempengaruhi performa dan ke iritan sepeda motor honda pgm-fi 125 fuel injection dan ganti saja busi bila sudah meragukan walaupun masih bisa digunakan.

Saya service sepeda motor honda pgm-fi hanya setahun sekali, dengan jarangnya service ini menekan biaya perawaatan sepeda motor. Ada pun kelemahan sistem injeksi dibandingankan dengan karburator adalah pada tarikanya, sistem injeksi tidak se spontan sepeda motor karburator, maka dari itu sepeda motor honda pgm-fi tetap yang paling irit. semoga bermanfaat

.

Related Post



0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes