Saturday, April 14, 2012

Pemasangan cdi minerva R150 dan R150VX




Memaksimalkan performa biasa dilakukan bikers pengguna motor merek apapun. Tak terkecuali motor Minerva. Baik varian R150 atau R150VX. Salah satu yang kerap atau sering diutak-utik adalah bagian pengapian. Apalagi kalau bukan CDI.

Komponen pengatur timing pengapian ini, banyak diganti dengan komponen aftermarket atau milik motor lain. Tujuannya tentu buat mencari timing lebih pas atau api yang besar.

Nah, saat ini pilihan kedua (pakai CDI motor lain) sedang ramai dilakukan. Trigger pengapian yang jadi incaran adalah dari motor brand Jepang. Karena dianggap punya kualitas lebih terjamin dibanding pilihan pertama.

Lantaran R150 dan R150VX punya tipe pengapian beda, maka CDI-nya pun tak sama. “R150 menggunakan jenis AC, sedang R150VX yang hadir belakangan sudah menggunakan jenis DC,” kata Jainal Arifin Siregar.

R150 paling enak pakai milik Honda Tiger. Sedang R150VX meminjam dari Suzuki Shogun 110. “Tinggal ganti soketnya saja, dijamin jauh lebih enak,” ujarnya sambil sedikit promosi. Harga CDI Tiger dan Shogun dalam kondisi baru sekitar Rp 400.000, kalau bekas berkisar Rp 100.000 - Rp 150.000,.

Mau ikutan mengaplikasi? Kendati kedua varian beda tipe pengapian, keduanya punya perkabelan yang mirip. Bedanya yang R150 yang berpengapian AC ada tambahan kabel hitam/putih dari kontak. Sedang 150VX yang DC hanya 4 kabel. Keempat kabel lainnya yaitu hijau ke massa, biru/kuning dari pulser, hitam/kuning menuju koil, lalu hitam/merah untuk arus positif.

Nah biar saat pemasangan gampang, pertama yang mesti disiapkan adalah soket CDI milik Tiger. Harganya hanya sekitar Rp 10.000, “Warna kabel sama dengan milik Minerva, tinggal sambung saja,”.

Kalau ingin soket bawaan motor tak rusak bisa dengan cara jumper. Cukup disobek pakai cutter semua kabelnya dekat soket bawaan. Setelah itu pasang kabel dari soket yang baru. Biar mengikat kuat lilitkan kabel, lalu dibikin seperti kepang.

Lakukan pada semua kabel, jika mau lebih kuat bisa sekalian disolder. Setelah itu jangan lupa ditutup pakai isolasi untuk mencegah konsleting. Lalu letakkan di dekat posisi CDI bawaan.

Semoga BERMANFAAT

.

Related Post



0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes